Kota Bogor Bakal Terapkan Parkir Elektronik
Oleh Husnul Khatimah, pada Jul 13, 2018 | 07:51 WIB
Kota Bogor Bakal Terapkan Parkir Elektronik
Kepala Dishub Kota Bogor Rakhmawati. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Dinas Perhubungan Kota Bogor akan menerapkan sistem parkir baru di beberapa titik. Rencananya, konsep menggunakan Terminal Parkir Elektronik akan diujicoba pada Agustus 2018 mendatang.

Kepala Dishub Kota Bogor Rakhmawati menuturkan parkir meter akan ditempatkan di dua ruas jalan seperti Jalan Otista dan sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor Tengah.

“Sistem pembayaran e-Money atau cash money. Beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan sistem ini. Ya, kami akan ujicoba dulu mulai Agustus 2018 di Otista dan Suryakencana,” ujar Rakhmawati, Kamis (12/7/2018).

Penggunaan teknologi itu selain agar terlihat lebih tertata karena mengusung teknologi kekinian, juga untuk meminimalisir kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor yang berasal dari retribusi parkir.

“Tarif yang akan digunakan adalah tarif progresif. Untuk tahap awal akan diujicoba hingga Desember 2018. Jika hasilnya positif, ruas jalan yang lain akan diusulkan menerapkan hal serupa,” kata Rakhmawati.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Prasarana Dishub Kota Bogor Dodi Wahyudin menyatakan penerapan parkir meter ini juga diharapkan menjadi pembelajaran bagi warga terkait ketertiban, kedisplinan dan keteraturan.

“Untuk tahap awal direncanakan ada 18 alat dengan rincian dua di ruas Jalan Otista dan 16 di ruas Jalan Suryakencana. Terkait keamanan alat dari tangan-tangan jahil, Dishub telah memasang CCTV serta akan mempersiapkan personil yang akan melaksanakan piket pada malam hari,”  ujar Dodi.

Sedangkan untuk penyediaan e-Money Parkir Meter, Dodi menyatakan bahwa pada tahap awal pelaksanaan pihaknya telah melakukan kerja sama dengan dua bank di Kota Bogor, yakni Bank Mandiri dan BJB. “Untuk proses top up dapat dilakukan di retail-retail layaknya top up kartu e-Toll,” kata Dodi.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600