Mobil Curhat, Mobil Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan Warga Bogor
Oleh Husnul Khatimah, pada Jul 04, 2018 | 15:20 WIB
Mobil Curhat, Mobil Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan Warga Bogor
Mobil Curhat Pemkot Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR BARU, AYOBOGOR.COM--Sejak tahun 2014, Kota Bogor memiliki sebuah mobil untuk melayani pemeriksaan kesehatan dan konseling warga secara gratis. Mobil tersebut dinamakan mobil curhat.

Mobil hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Bogor dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini pada awalnya diluncurkan untuk curhat bagi keluarga karena tingginya angka perceraian di Kota Hujan.

"Awalnya mobil curhat untuk konseling keluarga karena tingginya kasus perceraian. Tapi berjalannya waktu, ternyata yang dibutuhkan masyarakat itu pemeriksaan kesehatan. Namun, konseling perceraian tetap ada, tapi kemudian kami tambah pemeriksaan kesehatan," ujar Koordinator Mobil Curhat Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erni kepada ayobogor.com, Rabu (4/7/2018).

Berbagai macam pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di mobil berbentuk minibus ini, mulai dari pemeriksaan penyakit tidak menular dan tidak menular hingga deteksi gizi pengunjung.

"Kami memberikan layanan gratis. Di sini akan dilakukan pemeriksaan darah untuk melihat penyakit hipertensi, diabetes. Ada deteksi dan konseling gizi. Pengunjung dengan gizi buruk nanti akan diberikan konseling makan yang bagus bagaimana sesuai dengan gizinya," papar Erni.

Pengunjung yang datang ke mobil curhat akan dilayani oleh tim pemeriksaan kesehatan dari IPB dan Dinkes Kota Bogor. Erni mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan ini, masyarakat tidak akan diberikan obat. Namun, jika ada warga yang terdeteksi penyakit, maka akan dirujuk untuk ke puskesmas atau rumah sakit.

Menurut Erni, sejak diluncurkan, antusias masyarakat kota Bogor untuk memeriksakan kesehatan terlihat bagus lantaran setiap mangkal mobil curhat tak pernah sepi pengunjung.

"Selama setahun kami bisa melayani ribuan orang, kami keliling ke tempat-tempat keramaian, pemukiman masyarakat dan even-even yang diadakan pemerintah kota, dan banyak juga warga yang meminta datang ke tempat mereka," kata Erni.

Erni menuturkan, mobil curhat bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa hidup sehat sebenarnya mudah, yakni cukup dengan memperbaiki cara makan dengan gizi yang seimbang. Melalui mobil curhat, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat tidak tergantung pada obat, tapi pada perilaku sehari-hari.

Selain itu, mobil curhat juga bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa orang sehat juga harus memeriksakan kesehatan.

"Selama ini yang namanya pelayan kesehatan dianggap mengurus orang yang sakit, tapi sekarang mindset-nya diubah bahwa kami tidak cuma menyasar orang sakit aja, tapi orang sehat juga harus tetap mendapatkan pelayanan kesehatan,” tutup Erni.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600