Pemudik dari Terminal Baranangsiang Menurun
Oleh Husnul Khatimah, pada Jun 13, 2018 | 14:27 WIB
Pemudik dari Terminal Baranangsiang Menurun
Terminal Baranangsiang. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Menjelang Idulfitri peningkatan jumlah penumpang terjadi di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Meski demikian peningkatan tersebut tidak seperti tahun sebelumnya.

Kepala Terminal Baranangsiang Sudarmono mengatakan berdasarkan data yang ia punya sejak H-8 hingga H-2 ini penurunan jumlah penumpang terlihat dibandingkan tahun 2017.

"Untuk lonjakan penumpang dibandingkan tahun lalu itu menurun kurang lebih diangka 10%," ujar Sudarmono saat ditemui ayobogor di Terminal Baranangsiang, Rabu (13/6/2018).

Menurut Sudarmono banyak faktor terkait penurunan jumlah penumpang itu diantaranya adalah banyaknya perusahaan bus yang sudah tidak beroperasi dan juga pelayanan moda transportasi lain yang semakin hari semakin bagus.

"Contoh kereta api itu mereka setiap tahun terjadi penambahan armada dan nambah jadwal pemberangkatan sehingga terjadi pergeseran penumpang ke moda transportasi lain," ungkap Sudarmono.

Pada tahun sebelumnya puncak peningkatan pada Terminal Baranangsiang terjadi pada H-3 lebaran hingga menjelang lebaran. Namun pada tahun ini H-3 justru terjadi penurunan dimana H-3 penumpang berjumlah 5423 dan hari sebelumnya diatas angka tersebut. Menurut Sudarmono H-3 terjadi penurunan karena panjangnya libur lebaran.

Kendati demikian Sudarmono memprediksi pada H-1 lebaran akan ada lonjakan jumlah penumpang walaupun tidak seperti tahun sebelumnya.

"Kalau H-1 orang biasanya berbondong-bondong karena kehabisan tiket dan sebagainya akhirnya bus jadi pilihan alternatif mudik," pungkas Sudarmono.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600