Ramadan, Pengunjung Kebun Raya Bogor Menurun 75%
Oleh Husnul Khatimah, pada Jun 11, 2018 | 14:37 WIB
Ramadan, Pengunjung Kebun Raya Bogor Menurun 75%
Pintu 1 Kebun Raya Bogor. (Husnul Khatimah/ayobogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM—Kebun Raya Bogor adalah objek wisata favorit di Kota Bogor. Setiap hari, terutama pada akhir pekan, pusat konservasi tumbuhan ini selalu ramai dikunjungi. Namun, hal itu tampaknya tak berlaku bagi saat Ramadan.

Pengawas Taman Kebun Raya Bogor, Cecep Suryana mengatakan, berdasarkan catatannya, tingkat kunjungan Kebun Raya Bogor mengalami penurunan hingga 75% saat Ramadan ini.

"Ramadan berbeda dengan bulan-bulan biasa, tapi pengunjung tetap ada meskipun 25% dari hari biasa atau berkurang 75%," ujar Cecep kepada ayobogor.com saat ditemui di Kebun Raya Bogor, Senin (11/6/2018).

Cecep menuturkan, berdasarkan hitungan angka, jika di luar Ramadan pengunjung Kebun Raya bisa mencapai 1.000 orang, maka saat Ramadan hanya sekitar 200-300 pengunjung.

"Kalau tidak hari biasa seperti hari Minggu atau hari libur itu terutama di pintu satu ini bisa mencapai Rp50 juta paling kecil Rp25 juta penjualan tiket. Kemarin libur puasa hanya bisa mencapai Rp10 juta," kata Cecep.

Menurut Cecep, pengurangan pengunjung terjadi lantaran umat muslim berpuasa dan kebanyakan pengunjung yang datang ke Kebun Raya Bogor adalah mereka yang ingin piknik dan makan-makan.

"Mungkin karena orang berpuasa, jadi ada penurunan karena orang berkunjung ke Kebun Raya banyak yang makan bersama-sama," kata Cecep.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600