Hari Jadi Bogor ke-536 Diarahkan ke Kegiatan Keagamaan
Oleh Husnul Khatimah, pada Jun 03, 2018 | 17:03 WIB
Hari Jadi Bogor ke-536 Diarahkan ke Kegiatan Keagamaan
Logo HUT Kota Bogor ke-536 tahun. (Istimewa)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Hari ini, Minggu (3/6/2018), Kota Bogor genap berusia 536 tahun. Namun ingar binggar perayaan hari jadi belum begitu terasa. Hal ini karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan dan berdekatan dengan Pilkada 2018.

Berdasarkan agenda Pemerintah Kota Bogor hari ini (3/6/2018) hanya ada perayaan sederhana di Hari Jadi Bogor (HJB) yakni rapat istimewa Paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat di kantor DPRD.

"Rapat paripurna istimewa DPRD Kota Bogor dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor ke-536 tahun 2018 digelar di ruang rapat paripurna pukul 16.00," ujar Kabag Humas dan protokol Kota Bogor Endang Suherman Minggu (3/6/2018).

Sementara itu, Ketua Panitia HJB Ke-536 Herry Karnadi mengatakan Pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka HJB Tahun 2018 yang berbarengan dengan momen Ramadan dan Pilkada lebih diarahkan kepada kegiatan keagamaan untuk membuat kondisi Kota Bogor yang aman, nyaman dan kondusif.

“Sesuai arahan saat rapat perdana, kegiatan HJB Ke-536 tahun 2018 menekankan pada keagamaan, ketenangan, kekompakan dan kebersamaan. Panitia berusaha menerjemahkannya dalam kegiatan yang dilaksanakan selama Ramadan dan pelaksanaan Pilkada,” kata Herry.

Secara umum, kegiatan atau agenda khusus HJB Ke-536 yang bertemakan Bogor Genah Tumaninah akan dilaksanakan tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bogor yang kebanyakan dilaksanakan setelah Ramadan dan Pilkada.

Pada perayaan HJB nanti, akan ada kegiatan yang diinisasi para budayawan dan komunitas, seperti ritual Ngumbah Tugu Kujang yang rencananya diawali dengan prosesi Babakti di Plaza Balaikota Bogor.

“Jadi selama ramadhan kegiatan lebih difokuskan kepada keagamaan. Untuk pelaksanaan kegiatan yang membutuhkan fisik, salah satunya ngumbah tugu kujang kemungkinan akan dilakukan setelah Ramadan dan Pilkada Serentak sekitar Juli 2018,” terang Herry.

Acara puncak HJB Ke-536 Tahun 2018, yang bentuknya helaran atau pentas seni menurut Herry direncanakan pada Juli 2018. Sedangkan agenda rapat Paripurna istimewa akan dilaksanakan sore nanti di gedung DPRD Kota Bogor.

Khusus untuk acara kesenian pagelaran wayang golek, Sekretaris panitia HJB Ke-536 yang sekaligus Kepala bagian Administrasi Tata Pemerintahan Setda Kota Bogor, Taufik menambahkan, tahun ini Disparbud Kota Bogor tidak menyelenggarakannya.

"Namun salah satu Kelurahan di Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara telah melaksanakan pagelaran wayang golek pada 29 Mei 2018 lalu," kata Taufik.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600