Semarakkan Ramadan, Kota Bogor Gelar Festival Marawis
Oleh Husnul Khatimah, pada Jun 01, 2018 | 17:48 WIB
Semarakkan Ramadan, Kota Bogor Gelar Festival Marawis
Salah satu kelompok marawis saat tampil dalam Festival Marawis di Bogor Trade Mall, Jumat (1/6). (Husnul Khatimah/ayobandung)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Guna menyemarakkan suasana Ramadan dan memasyarakatkan salah satu kesenian marawis, Pemerintah Kota Bogor gelar Festival Marawis di Bogor Trade Mall, Jumat (1/6/2018).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bogor, Sahlan Rasyidi mengatakan, Festival Marawis ini dikonsep dalam bentuk lomba antarkelurahan se-Kota Bogor dan tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan.

"Ini lomba yang ketiga kalinya. Tujuan utamanya untuk memasyarakatkan seni marawis di kalangan masyarakat. Mudah-mudahan ini bisa menjadi bagian untuk pembinaan seni marawis di kalangan remaja karena marawis seni Islami," ujar Sahlan kepada ayobogor di sela-sela festival.

Sahlan mengatakan, sesungguhnya Kota Hujan memiliki banyak grup marawis di berbagai kelurahan. Namun, karena acara ini bersifat lomba, hanya 20 dari 68 kelurahan di Kota Bogor yang bisa ikut serta.

"Kalau melihat kuantitas marawis banyak, tapi mungkin belum banyak yang memenuhi kriteria lomba. Namun, yang penting mudah-mudahan grup marawis mendapatkan perhatian dari kelurahan agar perkembangan seni marawis di Kota Bogor ini bisa lebih berkembang," kata Sahlan.

Sahlan menambahkan, kegiatan ini juga diharapkan menjadi evaluasi bagi grup marawis kelurahan. Sebab, pada tahun 2014, Pemkot Bogor telah memberikan pembinaan dan bantuan alat-alat marawis untuk memicu mereka agar terus berkembang.

Sahlan mengatakan, jika terus berkembang, kesenian ini nantinya akan memiliki nilai jual dan memberikan nilai ekonomi yang bermanfaat bagi para pelaku seni.

Sementara, Pelaksana Tugas Wali Kota Bogor, Usmar Hariman mengatakan, marawis adalah salah satu bentuk kesenian yang dimunculkan oleh para sultan atau para wali sebagai salah satu alat untuk siar Islam dan cocok untuk dikembangkan di Indonesia khususnya kota Bogor.

"Untuk Indonesia karena mayoritas kita adalah umat Islam, tentunya kesenian ini diterima oleh masyarakat dan untuk Kota Bogor akan kami kuatkan lagi agar peran serta semua kelurahan untuk memajukan marawis ikut terlibat khususnya di kelurahan," kata Usmar.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600