Tips Tetap Bugar Selama Puasa
Oleh Husnul Khatimah, pada May 17, 2018 | 12:16 WIB
Tips Tetap Bugar Selama Puasa
Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena. (Husnul Khatimah/ayobogor)

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM--Tetap bugar saat puasa akan memberikan keuntungan agar aktivitas tetap berjalan normal seperti biasanya dan untungnya tetap bugar saat puasa bukanlah sebuah hal yang tidak bisa dilakukan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena mengatakan agar tetap bugar saat puasa intinya harus makan dengan gizi yang seimbang.

"Tips bugar saat puasa intinya segala sesuatunya berimbang. Tetap makan seimbang sesuai dengan pedoman gizi seimbang," ujar Erna kepada ayobogor Kamis (17/5/2018).

Erna menjelaskan yang dimaksud pedoman makan dengan gizi yang seimbang itu adalah dalam setiap satu piring makanan setengah porsinya adalah nasi dan lauk pauk.

"Kemudian setengahnya lagi adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Jadi setengah piringnya makanan pokok setengahnya lagi sayur dan buahan, itu pedoman makan gizi seimbang," kata Erna.

Dia menambahkan saat berbuka puasa disarankan untuk tidak makan dengan porsi berlebihan. Kemudian tidak disarankan mengonsumsi makanan manis setiap hari. Jika tetap ingin mencicipi makanan yang manis-manis maka alihkan kepada buah-buahan.

Selain itu selama Ramadan juga disarankan mengurangi makanan berlemak, gula dan garam. Minum air putih 8 gelas sehari juga penting agar tubuh terjaga dari dehidrasi dengan cara sahur 3-4 gelas dan sisanya setelah berbuka.

"Untuk tetap bugar olahraga juga dapat dilakukan saat puasa, waktunya bisa sesudah sahur di pagi hari, sebelum buka puasa atau sesudah buka puasa dengan intensitas yang lebih ringan," tutup Erna.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600