Bogor Genah Tumaninah, Tema Logo Hari Jadi Bogor Ke-536
Oleh Husnul Khatimah, pada May 12, 2018 | 09:47 WIB
Bogor Genah Tumaninah, Tema Logo Hari Jadi Bogor Ke-536
Bogor Genah Tumaninah menggambarkan Bogor yang tenang, nyaman dan aman.

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Tak lama lagi Bogor akan genap  berusia 536. Dalam menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) itu Pemerintah Kota Bogor meluncurkan sebuah logo dengan tema Bogor Genah Tumaninah.

Bogor Genah Tumaninah menggambarkan Bogor yang tenang, nyaman dan aman. Logo tersebut terkait dengan kondisi masyarakat Kota Bogor yang diharapkan tetap kondusif aman dan nyaman menjelang bulan ramadhan dan Idul Fitri serta selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menjelaskan, kondisi terkini Kota Bogor juga menjadi latar belakang logo HJB tahun 2018.

“Hari Jadi Bogor yang jatuh pada 3 Juni biasanya diisi dengan gelaran pesta rakyat. Khusus 3 Juni tahun 2018 ini Kota Bogor sedang menghadapi persiapan pelaksaaan Pilkada Serentak dan pelaksanaan ibadah puasa bulan Ramadhan 1439 H. Karenanya logo yang dibuat harus mampu menggambarkan Kota Bogor terkini yang tetap aman, kondusif dan warganya merasa nyaman tinggal di Kota Bogor,” kata Ade, Jumat (11/05/2018).  

Tema Genah Tumaninah yang diusung untuk melengkapi filosofi yang terkandung dalam logo HJB tahun 2018. Genah dimaknai bahwa Kota Bogor dalam situasi dan kondisi apapun tetap aman dan nyaman dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sedangkan Tumaninah dimaknai memberikan kenyamanan bagi siapapun yang tinggal di Kota Bogor.

“Harapan saya ini bisa menjadi motivasi bagi semua dalam kondisi apapun dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terang Ade.

Gambar Kujang dalam logo dikatakan Ade menjelaskan senjata tradisional khas Jawa Barat, gambar Gunung Salak merupakan latar belakang Kota Bogor serta Daun dengan warna warni yang mengartikan keberagaman masyarakat Kota Bogor mulai dari ras, suku, agama dan yang lainnya.

“Apalagi sekarang sedang dalam proses Pilkada. Jadi perbedaan yang ada di Kota Bogor merupakan suatu keniscayaan disamping sebagai sebuah anugerah. Ini benar-benar harus  dijunjung oleh semua,” tegasnya.

Menurutnya beragam latar belakang dan pilihan dalam Pilkada nanti mengharuskan semua tetap mencoba membuat sebuah keberanian dalam bersikap dan berperilaku di kota ini sebagai warga yang baik dengan tujuan membuat Kota Bogor aman dan nyaman, pemimpinnya tetap amanah sehingga terwujud masyarakat yang madani.

Ketua HJB Ke-536, Herry Karnadi menambahkan logo HJB Ke-536 tahun 2018 merupakan satu tema besar yang masih berkaitan dengan tema HJB tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun 2016 temanya Sahate. Untuk tahun ini secara garis besar menggambarkan kebersamaan dan keharmonisan masyarakat Kota Bogor dalam keberagaman yang tertuang dalam gambar daun yang berwarna-warni,” kata Herry yang juga Kepala Satpol PP Kota Bogor.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600