Wujudkan Kota Halal, Pemkot Dorong UMKM Punya Sertifikat
Oleh Husnul Khatimah, pada Apr 16, 2018 | 17:05 WIB
Wujudkan Kota Halal, Pemkot Dorong UMKM Punya Sertifikat
Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat bersama Kadis Koperasi dan UMKM Kota Bogor Annas Rasmana mencicipi produk kuliner UMKM. (Husnul Khatimah/ayobogor)

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM--Untuk mewujudkan Kota Bogor menjadi kota halal, Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) mendorong para pelaku UMKM mempunyai sertifikat halal.

Kepala Dinas KUMKM Kota Bogor, Annas Rasmana mengatakan, halal merupakan suatu kebutuhan yang sangat vital bagi warga Indonesia dan dengan adanya konsep kota halal akan memastikan produk-produk yang dijual di kota tersebut sesuai dengan syariat.

"Kami sendiri untuk memastikan produk halal diantaranya kami dalam pelatihan pelaku Usaha Kecil Menengah atau UKM seperti sekarang dilaksanakan di Bogor Selatan kita sosialisasikan dan  mendorong perlunya sertifikasi halal," kata Annas kepada ayobogor, Senin (16/4/2018).

Dalam sosialisasi itu, pihaknya bukan hanya mendorong pelaku UKM mempunyai sertifikat saja. Tapi yang terpenting, para pelaku UMKM menggunakan bahan-bahan yang halal dan tidak membahayakan bagi konsumen.

Lebih lanjut Annas menjelaskan, sertifikat halal sebetulnya juga akan memberikan keuntungan bagi para pedagang. Di antaranya adalah menarik pembeli dan pemodal. Dengan adanya sertifikat halal, diyakini mereka menjadi tidak ragu untuk membeli atau melakukan kerjasama bagi pemodal.

"Jadi maamfaatnya bagi mereka yang punya sertifikat itu memperkuat untuk mencari permodalan dan juga mereka mudah untuk mencari kerjasama, dan beberapa mall juga ada yang mewajibkan pedagang harus punya sertifikat halal," kata Annas.

Sementara itu terkait berapa produk UMKM yang akan mempunyai sertifikat halal untuk mendukung terwujudnya kota halal, Annas mengakui, saat ini pihaknya tidak memiliki target dan batas waktu tertentu.

"Ya pokoknya kita targetnya tidak pernah sampai tahun kapan karena kita sepanjang tahun akan terus mencoba untuk mengingatkan produsen kalau itu makanan harus punya sertifikasi," katanya.

 

 

 

 

 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600