Pemkot Dukung Inovasi Persidangan Digital PN Bogor
Oleh Husnul Khatimah, pada Apr 13, 2018 | 18:52 WIB
Pemkot Dukung Inovasi Persidangan Digital PN Bogor
Ade Sarip Hidayat bersama unsur Muspida usai menandatangani nota kesepahaman peningkatan e-court. (Husnul Khatimah/ayobogor)

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM -- Pengadilan Negeri (PN) Bogor menghadirkan sebuah inovasi baru yakni persidangan digital atau disebut juga dengan e-court yang mengemukakan visualisasi, perekaman, dan persidangan jarak jauh melalui media teleconference.

E-court sudah pernah diterapkan oleh PN Bogor dalam sebuah persidangan di Oktober 2017 lalu dan cukup berhasil. Kehadiran e-court ini mendapatkan dukungan dari banyak pihak termasuk Pemerintah Kota Bogor.

Sekda kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, mengatakan Pemkot Bogor mendukung inovasi itu lantaran sesuai dengan salah satu harapan Kota Bogor yang ingin menerapkan smart city.

"Alhamdulillah hari ini menambah satu inovasi lagi yang dilakukan oleh PN Bogor dengan menambah salah satu hal yang berlandaskan kepada IT," ujar Ade di PN Bogor, Jumat (13/4/2018).

Ade berharap e-court akan memberikan kemudahan bagi masyarakat seperti menghemat biaya dan waktu termasuk juga memberikan kemudahan bagi aparatur negara yang menangani urusan pengadilan.

"Ada hal yang perlu kita perbaiki kedepannya dan memang ketika ada sebuah inovasi awal pasti diperlukan rembug dan sebagainya (untuk mengembangkan e-court). Kalau bagus nanti bisa diterapkan di tingkat nasional," kata Ade.

Untuk mendukung e-court milik PN Bogor, pihaknya siap membantu di antaranya dengan cara menambah fasilitas peralatan seperti alat peraga yang diperlukan dalam persidangan digital.

"Mungkin perlu ditambah juga. Insya Allah saatnya nanti akan kita tambah (alat peraga e-court)," tutup Ade.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600