Mi Ayam Hijau, Enak dan Sehat
Oleh Husnul Khatimah, pada Mar 14, 2018 | 13:06 WIB
Mi Ayam Hijau, Enak dan Sehat

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kota Bogor sudah terbukti terkenal dengan kuliner-kulinernya. Berbagai inovasi sajian makanan ada di kota yang dijuluki kota hujan ini, mulai dari hidangan kaki lima, cafe hingga restauran.

Beberapa kuliner menjadi ciri khas Kota Bogor karena tidak dimiliki oleh kota lainnya seperti mie ayam hijau MB45. Kuliner ini adalah makanan ala kaki lima yang terletak di Jalan Polisi atau berada tepat di samping Taman Topi Square.

Mi ayam hijau bukan hanya sekedar enak tapi juga menyehatkan karena terbuat dari sayuran hijau yakni sawi. Meskipun terbuat dari sawi rasa khas yang ada pada sebuah mi tetap terasa.

"Mi ayam hijau ini terbuat dari sayuran, tanpa pewarna, tanpa pengawet mi terbuat dari sawi," ujar pemilik pedagang mi ayam hijau Dicky Rahman kepada ayobogor, Rabu (14/3/2018).

Dicky menjelaskan untuk membuat mie menjadi berwarna hijau sayuran sawi diblender kemudian dicampur dengan tepung terigu, digiling dan jadilah mi ayam hijau.

Inspirasi menciptakan mi ayam hijau didapatkan oleh mertuanya yang bekerja di sebuah pabrik mi. Saat bekerja di pabrik itu sang mertua melihat mi berwarna hijau dan kemudian terinspirasi untuk menciptakan mi hijau buatan tangannya sendiri.

"Waktu itu dia coba-coba sepuluh kali lebih untuk menemukan resep mi hijau dan akhirnya hasilnya bagus," ucap Dicky.

Selain terinspirasi karena melihat mi hijau di pabrik, kuliner ini juga diciptakan karena pada awalnya Dicky bersama orangtua ingin menjadikan anak-anak sebagai target pasaran produknya.

Kendati target pasar adalah anak-anak namun mereka tidak mau menghiraukan kesehatan anak-anak maka dipilihlah mi ayam hijau yang pewarnanya dari sayur sawi.

"Awalnya kita ngincernya di sekolahnya yang mayoritas anak kecil tidak menyukai sayur. Dengan olahan mi hijau sayur anaknya jadi demen anak-anak yang tidak suka sayur Insya Allah makan mi hijau jadi suka, khasiatnya pun sama," ucap Dicky.

Pada awalnya dagangan yang digeluti Dicky bersama mertua belumlah ramai namun seiring berjalannya waktu Dicky bisa menghabiskan 5 kilogram mi dalam sehari dengan waktu berjualan sekira pukul 07.00 - 17.00 WIB.

"Saat ini kita ada tiga cabang di Bogor yakni di Sindang barang, Paledang, dan Cigombong," kata Dicky.

Mi ayam hijau ala Dicky dinamakan MB45 yang memiliki arti Mas Bucin 45. Mas Bucin adalah sapaan akrab mertua Dicky dan 45 adalah tahun kemerdekaan yang bertujuan untuk mengingatkan warga tentang tahun kemerdekaan Indonesia.

"MB 45 nama mertua mas bucin terinspirasi dari nama mertua karena dia yang pertama menciptakan, 45 nya kemerdekaan biar orang pada tahu kemerdekaan tahun 45," kata Dicky.

Seporsi mi ayam hijau dihargai Rp10.000 untuk ayam hijau original, Rp12.000 mi ayam baso dan Rp11.000 mi ayam pangsit.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600