Ada Pengeras Suara di Lampu Merah, Bogor Terapkan e-Tilang?
Oleh Husnul Khatimah, pada Mar 14, 2018 | 09:45 WIB
Ada Pengeras Suara di Lampu Merah, Bogor Terapkan e-Tilang?
Persimpangan Taman Curat-Coret, Bogor Utara. (ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR SELATAN, AYOBOGOR.COM -- Akhir-akhir ini beberapa persimpangan di ruas jalan nasional Kota Bogor terdapat alat pengeras suara. Salah satunya pengeras suara itu berada di persimpangan Taman Corat-Coret, Kecamatan Bogor Utara.

Berdasarkan pantauan ayobogor, alat pengeras suara itu akan memberikan peringatan pada pengendara jalan yang melewati batas berhenti sebagaimana telah ditetapkan sesuai aturan berlalulintas.

Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bogor, Fredi Kurniawan membenarkan adanya alat pengeras suara itu. Dia mengatakan alat itu ada kaitannya dengan penerapan e-Tilang di kota hujan.

"Iya itu nanti arahannya ke e-Tilang. Sekarang hanya sebatas imbauan, dalam artian pengemudi yang sudah melanggar batas line lampu merah kami peringatkan," ujar Fredi saat dikonfirmasi ayobogor di kantornya, Selasa (13/3/2018) sore.

Fredi mengatakan, nantinya tidak menutup kemungkinan akan diterapkan e-Tilang bagi pelanggar di zona lampu merah dan akan dikerjasamakan dengan Kepolisian Resor Bogor Kota untuk penindakan penilangan.

"Ke depannya ada kerja sama dengan Polresta. Itu, kan, bisa di-capture dan di-zoom, plat nomornya bisa kelihatan," ucap Fredi.

Alat tersebut dikendalikan oleh Dishub dari kantornya dan dipantau setiap waktu. Tahun lalu, ada lima pengeras suara di sejumlah persimpangan di Kota Bogor. Tahun ini, rencananya pihak Dishub bakal menambah lima unit pengeras suara.

"Itu baru beberapa simpang yang dijadikan pilot project. Kalau dengan itu bisa membuat lebih tertib pengguna jalan, dengan sekadar imbauan, enggak perlu e-Tilang," kata Fredi memungkasi.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600