Destinasi Wisata Kekinian, Kampung Mural Bakal Hadir di Pulo Geulis
Oleh Husnul Khatimah, pada Mar 09, 2018 | 18:37 WIB
Destinasi Wisata Kekinian, Kampung Mural Bakal Hadir di Pulo Geulis
Kampung Mural Pulo Geulis.

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Tidak banyak yang tahu jika di Kota Bogor terdapat sebuah pulau cantik yang berada di tengah-tengah sungai Ciliwung. Pulau itu diberi nama Pulo Geulis, terletak di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, yang jaraknya tidak jauh dari landmark kota Bogor, Tugu Kujang. 

Di Pulo Geulis terdapat kelenteng tertua di Kota Bogor, yaitu Kelenteng Phan Ko Bio. Tempat ini sangat kental dengan nilai-nilai pluralisme dari suku, budaya, dan agama. Kini, Pulo Geulis siap dipercantik dengan pembuatan mural dan dipercaya akan menjadi magnet wisata sejarah baru yang paling memikat di Kota Bogor.

Selain didukung oleh THE 1O1 Bogor Suryakancana dan Pemerintah Kota Bogor, khususnya Kelurahan Babakan Pasar, pembuatan mural di Pulo Geulis akan didukung oleh PT Propan Raya, perusahaan cat terkemuka, melalui program corporate social responsibility (CSR)-nya.

”Melihat besarnya potensi dari Pulo Geulis untuk menjadi salah satu tujuan destinasi, bukan hanya destinasi heritage dan wisata pluralisme, kami bermaksud untuk menjadikan Pulo Geulis sebagai kampung tujuan wisata kekinian yang akan diberi nama Kampung Mural Pulo Geulis,” ujar General Manager THE 1O1 Hotel Bogor Suryakancana, Adjid Kurniawansyah melalui keterangan resminya, Jumat (9/3/2018).

Program mempercantik Pulo Geulis akan kick off pada 18 Maret 2018, menargetkan kehadiran 300 partisipan dari kalangan komunitas, media, warga, dan pihak penyelenggara. Bidang yang akan dimural dibagi menjadi empat zona, yaitu zona ucapan selamat datang, zona kuliner, sejarah Pulo Geulis, dan zona komik. Total luas bidang yang akan dimural mencapai 800 meter persegi.

Program ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dari berbagai pihak dalam rangka mengembangkan sebuah lokasi yang kaya akan sejarah dan berpotensi menjadi destinasi wisata. Para seniman mural akan dilibatkan untuk mempercantik destinasi wisata baru ini. Mereka adalah komunitas lokal mural Bogor yang meliputi Bogor Sketchers, Swapiness, dan Raincity Artholic.

Perlu diketahui, pembuatan mural Pulo Geulis merupakan program lanjutan dari 1O1 Travel Sketch edisi Bogor yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Oktober 2017 lalu. Pada acara ini, panitia berhasil mengumpulkan sekitar 350 penikmat seni dari seluruh Indonesia.

Untuk acara pengecatan mural kali ini, panitia akan mengambil tema “keberagaman”. Tema ini diharapkan dapat membantu masyarakat umum untuk lebih memahami budaya dan warisan lokal yang ada di Pulo Geulis yang akan tertuang pada karya-karya mural di sana.

“Kami tertarik ikut mendukung gerakan ini karena PT Propan Raya memiliki visi menghargai keberagaman, budaya, dan adat istiadat, yang terkandung dalam desain arsitektur Nusantara. Semoga kita selalu menyadari bahwa keberagaman bukan untuk membuat kita tercerai-berai, tetapi melalui keberagaman kita dapat melengkapi, saling mendukung, dan mempersatukan,” ucap Direktur PT Propan Raya, Yuwono Imanto.

Ditambahkan oleh CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, yang berharap agar program ini tak hanya mempercantik Pulo Geulis, tetapi dapat membangun kebanggaan masyarakat akan keindahan kotanya, sehingga timbul rasa memiliki.

“Jika ada kebanggaan dan rasa memiliki dari masyarakat sekitar, maka Pulo Geulis akan terus lestari, terjaga, dan terawat. Jika sudah terbentuk rasa ini, maka dipastikan akan banyak wisatawan berkunjung ke Pulo Geulis,” ucapnya.

Tidak hanya melulu tentang mural, para penduduk Pulo Geulis yang rata-rata memiliki usaha dagang yang masuk ke dalam komunitas kuliner UKM Kota Bogor juga akan ikut meramaikan kick-off pengecatan Kampung Mural Pulo Geulis melalui gerai-gerai makanan jajanan khas lokal Bogor di area acara nantinya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600