Kota Bogor Destinasi Favorit Wisata Kuliner
Oleh Husnul Khatimah, pada Mar 05, 2018 | 18:43 WIB
Kota Bogor Destinasi Favorit Wisata Kuliner
Kepala Dinas Pariwisata Kota Bodor, Shahlan Rasyidi. (ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR TIMUR, AYOBOGOR.COM -- Kota Bogor dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat, khususnya pelancong asal ibukota atau wilayah-wilayah lain yang berada di sekitarnya.

Tingginya kunjungan wisatawan ke kota hujan dapat terlihat pada akhir pekan atau setiap momen libur, di mana sejumlah destinasi wisata dan kuliner tak jarang sepi oleh pengunjung. Kemudian kepadatan lalu lintas juga menjadi bukti banyaknya kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Shahlan Rasyidi mengatakan, di antara yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bogor adalah menjamurnya kuliner-kuliner yang ada di kota hujan ini.

"Untuk pariwisata, Kota Bogor memang dikenal kulinernya. Ada banyak kuliner yang khas seperti toge goreng, laksana, soto kuning, doclang, roti unyil, lapis talas sangkuriang, dan kuliner lainnya," ujar Shahlan kepada ayobogor saat ditemui di kantornya, Senin (5/3/2018).

Dia mengatakan, bukti bahwa kuliner Kota Bogor menjadi buruan para pelancong dapat terlihat dari meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bogor di sektor tersebut dari tahun ke tahun.

"Di Jawa Barat kuliner Kota Bogor nomor dua di bawah Bandung. Bahkan PAD-nya itu sektor kuliner naik 35,09 % di tahun 2015 ke 2016. Peningkatan PAD-nya itu dari Rp76 miliar ke Rp96 miliar," ucap Shahlan.

Tempat wisata kuliner di Kota Bogor itu di antaranya terletak di sekitar Jalan Suryakencana, Pandu Raya, Bangbarung, Taman Kencana, dan wilayah-wilayah lainnya.

"Memang tempatnya tidak dikhususkan (sentra kuliner), tapi kita lihat kiri kanan itu sudah sentra kuliner. Sudirman, Suryakencana itu sudah seperti sentra kuliner saja" ujar Shahlan.

Ke depan, untuk terus memaksimalkan potensi kuliner yang dimiliki kota Bogor, pihaknya akan membangun sentra kuliner baru dan menata ulang tempat kuliner yang sudah ada agar lebih nyaman.

"Ke depannya kalau tidak ada perubahan dibangun (sentra kuliner) di Sukasari dan Suryakencana itu sendiri kita tata ulang," tutup Shahlan.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600