Lebih dari Lima Abad, Gubernur DKI Jakarta Sambangi Bogor
Oleh Husnul Khatimah, pada Feb 12, 2018 | 19:53 WIB
Lebih dari Lima Abad, Gubernur DKI Jakarta Sambangi Bogor
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu Wali Kota Bogor Bima Arya di Balai Kota Bogor, Senin (12/2). (Dok. Humas Pemkot Bogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Setelah lebih dari lima abad atau 536 tahun lamanya, Gubernur Daerah Khusus Istimewa (DKI) Jakarta akhirnya mengunjungi Kota Bogor, Senin (12/2/2018).

Gubernur Jakarta yang menyambangi kota hujan itu adalah Anies Baswedan. Anies datang ke Bogor untuk membahas beberapa kerja sama antara kedua daerah, terutama permasalahan penanggulangan banjir.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, dalam ucapan selamat datangnya di Balai Kota menyampaikan kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, adalah sejarah bagi Kota Bogor. Soalnya, ini pertama kali Gubernur DKI Jakarta datang ke Kota Bogor setelah lebih dari lima abad.

“Secara umum gambaran kerja sama adalah kita duduk bersama menangani permasalahan yang senantiasa muncul, karena ini masalah bersama. Selama ini pola yang ada kami kirim proposal, saya ingin format kerja sama yang ada disempurnakan agar lebih dialogis. Kesepakatan awal sudah ada, namun perkembangannya isu naik ketika bencana datang. Ini momentum bagi kita,” kata Bima.

Ruang lingkup kesepakatan bersama terkait penanganan banjir yang disepakati di antaranya, normalisasi sungai lintas batas wilayah, penataan bantaran sungai Ciliwung, revitalisasi situ-situ, pembangunan kolam retensi, pembuatan sumur resapan, dan biopori di daerah aliran sungai Cisadane dan Ciliwung.

Selain penanganan banjir pada kesempatan itu Bima juga menyinggung terkait ruang lingkup kesepakatan bersama penanganan transportasi, seperti perluasan angkutan massal berbasis rel, perluasan jalur sistem busway, pembangunan LRT, dan pembangunan Park And Ride.

Sementara itu, Anies mengatakan, kunjungan ini merupakan kegiatan khusus untuk melihat langsung kondisi di lapangan dan membuka babak baru kerja sama antara Kota Bogor dan DKI Jakarta. “Saatnya kita kerja sama dengan lebih kolaboratif,” jelas Anies.

Anies melanjutkan, pada 8 Februari 2018 dirinya mendapat amanat menjadi Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (BKSP Jabodetabekjur). Ke depan BKSP akan menjadi forum aktif yang secara umum membahas masalah teritori antara DKI Jakarta dengan daerah penyangganya.

“Di mata warga tidak ada perbedaan antara pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun pemerintah kota atau kabupaten di sekelilingnya dalam menangani permasalahan menyangkut masyarakat, jika ini tidak dikelola dengan baik maka masyarakat kita juga akan merasakan kerugiannya dan berimbas pada semua pemerintahannya,” kata Anies.

Sebagai informasi, selain mengunjungi Balai Kota Bogor, Anies juga mengunjungi kolam retensi di Kelurahan Cibuluh serta memantau ketinggian air di bendung Katulampa.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600