Hujan Deras, Sejumlah Titik di Kabupaten Bogor Longsor
Oleh Husnul Khatimah, pada Feb 05, 2018 | 11:05 WIB
Hujan Deras, Sejumlah Titik di Kabupaten Bogor Longsor
Anggota kepolisian berja-jaga di lokasi longor. (Hsnul Khatimah/ayobogor)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor dan sekitarnya sejak Minggu (5/2/2018) dini hari membuat sejumlah titik di Kabupaten Bogor khususnya Kecamatan Cisarua mengalami longsor.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi Ita Puspita Lena mengatakan, sejauh ini berdasarkan laporan yang diterima, terdapat empat titik longsor di Kecamatan Cisarua ini.

"Bencana longsor terjadi di sekitar Desa Tugu Selatan yakni wilayah sekitar Panimbangan dan wilayah sekitar Masjid At Ta'awun dan di Desa Cibeureum di Villa Pengayoman dan Kampung Babakan," ujar Ita, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, longsor yang terjadi di sekitar Panimbangan dan Masjid At Ta'awun mengakibatkan bahu jalan amblas dan material tanah dari tebing menutup sebagian bahu jalan.

Kemudian longsor di Villa Pengayoman menyebabkan kerugian sekitar Rp. 15.000.000., namun saat ini dilaporkan tidak ada korban jiwa. Untuk longsor di Kampung Babakan menyebabkan bahu jalan tertutup.

"Untuk longsor yang terjadi di jalanan telah diupayakan untuk membersihkan material yang menutup jalannya," imbuh Ita.

Dijelaskan, sejak dini hari yakni sekitar pukulk 02.00 WIB sampai dengan saat ini, curah hujan di wilayah Kecamatan Cisarua cukup tinggi disertai dengan angin kencang. Wilayah Cisarua merupakan daerah perbukitan dengan konstur tanah yang labil sehingga tanah tidak kuat menahan volume air maka terjadilah bencana longsor.

"Saat ini petugas berkoordinasi dengan Satgas bencana terus membantu evakuasi dan membersihkan material di wilayah yang terkena longsor," tandasnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600