Singgah, Bersantai, dan Mencicipi Kuliner di Taman Kencana
Oleh Husnul Khatimah, pada Jan 13, 2018 | 13:41 WIB
Singgah, Bersantai, dan Mencicipi Kuliner di Taman Kencana
Taman Kencana, Bogor. (ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Liburan ke kota Bogor bukan hanya tentang Kebun Raya dan Istana. Namun, masih banyak tempat-tempat bagus lainnya yang pantas dikunjungi untuk menikmati suasana kota hujan, salah satunya adalah bermain ke taman.

Jangan dulu merendahkan taman sebagai pilihan tempat wisata. Belakangan ini banyak taman-taman di perkotaan, bukan sekadar menjadi paru-paru kota, tapi menjelma tempat tongkrongan favorit kaum urban untuk menghabiskan waktu.

Kesadaran pemerintah akan potensi taman sebagai tempat yang dapat disulap menjadi area wisata di tengah-tengah miskinnya wisata alam di perkotaan membuat tempat yang lekat dengan kesejukan ini kini menjadi cantik, indah, dan tak kalah instagramable dengan tempat wisata favorit pilihan kids zaman now.

Di kota Bogor banyak taman-taman kece seperti Taman Topi, Taman Meksiko, Taman Ekspresi, dan puluhan taman-taman lainnya. Di antara banyaknya pilihan tersebut, Taman Kencana layak untuk dikunjungi. Soalnya, taman ini bisa dibilang sebagai ibu dari taman-taman yang ada di kota Bogor karena usianya yang lebih tua dibandingkan dengan taman-taman lainnya.

Berdasarkan catatan Bogor tempo dulu, Taman Kencana yang berada di Jalan Salak ini sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda, yakni sekitar awal abad ke-20. Pada zaman Hindia Belanda itu, taman ini dikenal dengan sebutan Van Inhoff Square. Ketika Indonesia merdeka sebutan Van Inhoff diubah menjadi Taman Kencana.

Taman ini dibuat seiring dibangunnya permukiman warga Eropa di wilayah sekitar. Saat membangun permukiman ini, pemerintah yang berkuasa pada saat itu tak mengabaikan ruang publik bagi warga. Maka, dibangunlah Taman Kencana sebagai sarana berkumpul warga.

Kini, ratusan tahun lamanya, beberapa bangunan bercorak kolonial masih terlihat jelas di sekitar Taman Kencana. Kebanyakan bangunan itu dijadikan sebagai kafe oleh para pebisnis kuliner seperti Macaroni Panggang dan Lasagna Gulung.

Sebetulnya, Taman Kencana ini tak terlalu luas. Ukurannya hanya sekitar setengah lapangan bola. Kendati tak begitu luas, udaranya yang sejuk karena ditumbuhi banyak pohon membikin kita betah berlama-lama.

Ada berbagai fasilitas yang disediakan di taman ini. Misalnya saja bangku taman, area jogging track, tempat parkir, dan lampu-lampu taman yang cantik. Teranyar, patung manusia emas karya Bimbim Slank ditancapkan di Taman Kencana guna mempercantik taman.

Buat kamu yang hobi hunting foto, tak ada salahnya menyambangi Taman Kencana. Di sini banyak objek-objek cantik yang sayang untuk tidak dikoleksi. Terlebih saat malam hari, kala pancaran lampu menerangi sudut-sudut taman, tempat ini semakin mempesona.

Selain bersantai di taman, kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di sini. Kenapa tidak? Taman Kencana dikenal pula sebagai surga kuliner khas Bogor di kalangan pelancong. Taman ini dikelilingi restoran dan kafe. Setiap akhir pekan, area-area kuliner di sekitar taman tak jarang dipenuhi oleh kendaraan dengan berbagai plat nomor.

Tak hanya kuliner dalam kafe atau restoran, tapi jajanan kaki lima di sekitar taman juga wajib dijajal. Beberapa jajanan seperti telur gulung dan bakso menjadi jajanan favorit di sini. Maka tak heran kalau kamu bakal bertemu dengan antrean panjang.

Menuju ke Taman Kencana terbilang mudah. Lokasinya berada di jantung kota Bogor. Taman ini terletak di belakang Taman Sempur yang berada di Jalan Jalak Harupat. Karena lokasinya yang berada di pusat kota, kamu bisa dengan mudah berpindah ke lokasi wisata lainnya usai puas bersantai di Taman Kencana.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600