32.000 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Operasi Zebra Bogor
Oleh Hengky Sulaksono, pada Nov 14, 2017 | 14:18 WIB
32.000 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Operasi Zebra Bogor
Polisi tengah memeriksa kelengkapan pengendara motor dalam Operasi Zebra di Bogor. (Dok. Polres Bogor)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Setidaknya 32.000-an pelanggar lalu lintas terjaring dalam Operasi Zebra Lodaya yang telah berjalan selama 13 hari di Kabupaten dan Kota Bogor. Para pelanggar lalu lintas ini didenda sesuai jenis pelanggaran yang dilakukan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota, Komisaris Polisi Bramastyo Priadji mengatakan, jumlah pelanggaran lalu lintas di Kota Bogor selama razia mencapai sekitar 14.400 kejadian. Pelanggaran didominasi para pengendara sepeda motor.

"Untuk sementara pelanggaran umumnya kendaraan sepeda motor roda dua, dominan melawan arus, tidak menggunakan helm, dan surat-surat tidak ada," kata Bram saat dijumpai di Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Selasa (14/11/2017) siang.

Dia mengatakan, para pelanggar yang terjaring razia langsung ditilang dan diwajibkan membayar denda dengan nominal Rp 50.000 – Rp 1 juta. Besaran denda disesuaikan dengan jenis pelanggaran.

Bram menyebut, denda paling kecil dijatuhkan kepada pengendara yang tidak menyalakan lampu kendaraan. Sementara denda paling besar dijatuhkan kepada para pelanggar yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi.

"Bukan tidak membawa, tapi tidak punya. Artinya dia tahu tidak punya kapabilitas. Tapi tetap nekat membawa kendaraan," katanya.

Di Kabupaten Bogor, Operasi Zebra yang menyisakan tempo satu hari lagi ini berhasil menjaring 18.265 kendaraan pelanggar lalu lintas. Dari jumlah tersebut, kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi Hasby Ristama, 15.448 kendaraan dikenakan tilang dan 2.817 mendapatkan teguran.

"Yang melakukan pelanggaran didominasi pengendara sepeda motor. Jenis pelanggaran yang dilakukan sampai saat ini umumnya tidak membawa atau memiliki surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK," kata dia.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600