Elemen Warga Bogor Deklarasikan Dukung Demul jadi Gubernur
Oleh Hengky Sulaksono, pada Nov 12, 2017 | 18:49 WIB
Elemen Warga Bogor Deklarasikan Dukung Demul jadi Gubernur
Ilustrasi Pilkada 2018. (AyoMedia/Satrio Iman)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Sejumlah elemen warga Bogor mendeklarasikan dukungan penuh terhadap Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi untuk maju sebagai calon Gubernur dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Deklarasi dilakukan di Joglo Keadilan, Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (12/11/2017) sore.

Dukungan ini dideklarasikan berbagai elemen organisasasi antara lain Baraya Sunda Nusantara, Front Pembela Indonesia, Relawan Beringin Bersatu, Bakti Kesatria Tauladan, Baladdewa, Aliansi Nasional Gerakan Toleransi, dan berbagai organisasi lain.

Penggagas deklarasi, Sugeng Teguh Santoso mengatakan, dukungan yang diberikan kepada Demul didasarkan pada kesamaan visi ideologis, khususnya dalam mendorong gagasan toleransi yang disepakati semua elemen pendukung. Menurutnya, Demul merupakan sosok agamis, nasionalis-kulturalis, dan toleran.

"Kita titik temunya adalah kesamaan ideologis. Kita mendukung Kang Dedi karena kesamaan gagasan. Kita bertemu pada satu nilai yang sama, nilai yang memperjuangkan Indonesia agamis, tentram, dan bersatu dalam damai," kata Sugeng.

Ia memandang jika Demul merupakan sosok yang paling ideal memimpin masyarakat Jabar. Dia juga mengatakan sosok Demul yang agamis dan toleran perlu didukung untuk menjadi pemimpin di tengah kondisi bangsa yang kerap disesaki narasi kebencian.

"Saya punya kepentingan yang sama dengan Kang Dedi untuk menjadikan Jawa Barat, Indonesia yang beragam. Agamis tapi tidak mempertentangkan agama-agama," katanya.

Dukungan ini tak mengubah kenyataan jika Demul belum mendapat kendaraan politik yang bisa memuluskan ambisinya menjadi Gubernur Jabar. Kondisi ini membuat dukungan terhadap Demul, kata Sekretaris Baraya Sunda Nusantara, Kang Aep, perlu diperlihatkan.

"Saya yakin yang mendukung Kang Dedi itu banyak tapi masih malu-malu kucing. Sekarang itu tidak bisa disembunyikan, harus diperlihatkan agar semua yang mendukung juga tidak malu memperlihatkan dukungannya," ujarnya.

Elemen yang terlibat dalam deklarasi juga menyatakan diri bakal mendukung pencalonan Demul melalui jalur parpol maupun secara independen. Mereka juga siap mengumpulkan jutaan KTP sebagai syarat pencalonan maju sebagai calon independen dalam Pilgub Jabar.

Dalam keterangan pers yang dikeluarkan, berbagai elemen organisasi yang mendeklarasikan dukungan juga menyoroti keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar yang memilih mendukung Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur.

Golkar disebut-sebut mempraktikkan pragmatisme politik dengan tidak mengusung Demul sebagai calon Gubernur. Mereka menuding Golkar hendak membuang sosok Dedi yang selama ini menjaga semangat, solidaritas, serta soliditas partai berlambang pohon beringin ini.

Demul Belum Pilih Kendaraan Politik

Juru Bicara Barisan Kang Dedi Mulyadi, Agung Eka Dharma mengharapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Golkar Jabar ini segera mendapatkan kepastian dukungan dalam pencalonan. Baru-baru ini, Dedi dikabarkan mendapatkan dukungan dari Dewan Pimpinan Daerah Hanura Jabar. Tak menutup kemungkinan jika Demul juga bakal mendapat dukungan dari PDIP.

Ia juga mengatakan jika sampai saat ini Demul belum memutuskan kendaraan politiknya dalam kontestasi Pilgub mendatang. "Kita berharap dalam waktu dekat ini beliau bisa segera maju," kata dia. Demul juga disebut-sebut masih intens melakukan komunikasi politik dengan berbagai partai.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600