Lomba Dokter Kecil, Biar Si Cilik Lebih Sehat
Oleh Hengky Sulaksono, pada Oct 04, 2017 | 14:29 WIB
Lomba Dokter Kecil, Biar Si Cilik Lebih Sehat
Lomba Dokter Cilik (Hengky/ayobogor)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat membuka kegiatan Lomba Dokter Kecil tingkat Kota Bogor di Aula Dinas Pendidikan, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (04/10/2017).

Lomba tersebut bertujuan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anak sekolah. Para peserta juga diajarkan untuk peduli terhadap kondisi kesehatan dirinya sendiri maupun lingkungan terdekatnya.

"Melalui Dokter Kecil, para siswa mulai dilatih melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya," kata Ade, Rabu (4/10/2017).

Lomba Dokter Kecil ini juga diharapkan mampu melengkapi kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah. Sebagai penggerak kesehatan, kata Ade, para siswa juga wajib diajarkan tata cara hidup bersih dan sehat, serta pengetahuan dan gizi yang seimbang di sekolah.

"Sehingga nantinya mereka paham makanan atau jajanan yang sehat dan tidak. Harapan dan keinginan saya, semoga kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial sebuah lomba, tapi saya ingin muncuk pemahaman melalui kegiatan ini akan terbentuk generasi yang hebat nanti ke depannya,” ujar Ade.

Menurutnya, tata cara hidup bersih dan sehat perlu diajarkan dan diterapkan sedini mungkin mewarnai pola pembelajaran di masing-masing sekolah. Karena, imbuh Ade, hal tersebut dapat memberikan dampak dalam pembentukan karakter anak.

“Ini salah satu kegiatan yang sangat strategis dalam rangka mewujudkan salah satu misi Kota Bogor yaitu mewujudkan kota yang sehat dan makmur," katanya.

Kegiatan sederhana macam mencuci kedua tangan dengan sabun, menggosok gigi dengan benar, membantu teman yang sakit, sekaligus memelihara kebersihan lingkungan harus diketahui siswa.

"Itu kegiatan sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari yang ke depannya akan memberi dampak yang luar biasa. Salah satunya dalam membangun karakter,” kata dia.

 

Editor : Administrator
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600