Hebat, Katulampa Jadi Kelurahan Terbaik Ketiga se-Indonesia!
Oleh Hengky Sulaksono, pada Aug 17, 2017 | 09:31 WIB
Hebat, Katulampa Jadi Kelurahan Terbaik Ketiga se-Indonesia!
Kampung Warna-Warni Katulampa, Bogor. (AyoBogor/Hengky Sulaksono)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor sebagai wakil Provinsi Jawa Barat berhasil menjadi juara ketiga lomba Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Nasional tahun 2017 yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diraih Selasa (15/08/2017) lalu. Posisi satu-satunya perwakilan Jabar ini berada di bawah Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, yang jadi jawara pertama, dan Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Provinsi Bali di posisi kedua.

Camat Bogor Timur Adi Novan mengaku bersyukur dan bangga atas hasil yang diperoleh. Ia mengatakan jika hasil ini merupakan buah kerja keras semua pihak.

“Alhamdulillah Kelurahan Katulampa bisa meraih juara ketiga tingkat Nasional, bahkan sebelumnya terbaik di tingkat Provinsi,” kata Adi, Rabu (16/8/2017).

Adi berharap agar capaian tersebut bisa terus diperbaiki. Capaian ini, katanya, ialah awal permulaan kegiatan di Kelurahan Katulampa sehingga semakin menggeliat. Ia juga meminta agar kekompakan warga Katulampa diikuti oleh kelurahan lain.

Lurah Katulampa Taufik Rahman mengatakan, capaian yang merupakan hasil kerja sama ini merupakan langkah permulaan. Ia menilai banyak aspek di Kelurahan Katulampa yang harus dibenahi bersama sehingga lebih pantas menjadi contoh dan objek studi bagi wilayah lain di Indonesia.

“Gemar Sawi (Gerakan Masyarakat Sadar Wilayah) yang digelorakan mulai dari Katulampa harus dilakukan di hati, agar hidup lebih berarti dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Taufik.

Taufik menguraikan, perjalanan Kelurahan Katulampa dengan menggelorakan Gemar Sawi harus berawal dari diri dan lingkungan sendiri. Ia juga mengapresiasi kekompakan warga yang memperlihatkan kepeduliannya kepada Katulampa.

"Ini juga berkat ketulusan doa dari masyarakat Katulampa  yang peduli dengan harga diri, martabat dan kemandirian Katulampa. Gemar Sawi adalah energi keyakinan, kesadaran dan kejujuran,” kata Taufik.

Sementara itu, bagi Taufik, perjuangan Katulampa meraih posisi tiga terbaik terbilang berat. Capaian luar biasa, sambungnya, didedikasikan untuk Kelurahan Katulampa, khususnya warga, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) dan Lurah yang sudah bekerja keras, bahu membahu, sehingga mampu mewujudkan Katulampa terbaik ketiga tingkat Nasional.

“Jadi saya harapkan setelah acara penilaian ini tidak hanya selesai di lomba, tetapi masyarakat masih terus melakukan kegiatan dengan menggelorakan semangat Gemar Sawi dan Menjadikan Katulampa Kampung Wisata Berbasis Masyarakat yang merupakan harapan warga yang akan terus dikembangkan,” kata dia.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600