Balap Karung Hingga Makan Kerupuk Meriahkan 17 Agustusan di Bogor
Oleh Hengky Sulaksono, pada Aug 17, 2017 | 14:03 WIB
Balap Karung Hingga Makan Kerupuk Meriahkan 17 Agustusan di Bogor
Kegiatan balap kerupuk di Kelurahan Katulampa, Bogor, Kamis (17/8). (AyoBogor/Hengky Sulaksono)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Peringatan 17 Agustusan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tak melulu dengan gaya arkaik yang tipikal, Agustusan juga bisa dirayakan dengan nuansa penuh suka cita. Dengan beragam perlombaan misalnya.

Di Kota Bogor, Agustusan ini juga digelar, dengan cara serius maupun santai. Cara serius, berbagai pihak melakukan upacara bendera di pagi hari. Dari mulai lembaga pemerintahan, pendidikan, hingga warga sipil secara sukarela melakukan hal ini. Tujuannya, menimbulkan kesan patriotik sebagai ihwal yang wajib diekspresikan saban Agustusan.

Sementara cara santai, Agustusan diperingati dengan berbagai macam perlombaan. Tradisi yang telah mengakar sejak lama ini juga sudah melahirkan berbagai perlombaan legendaris macam balap kelereng, balap karung, makan kerupuk, hingga panjat pinang.

Semua perlombaan itu juga dihadirkan di Lapangan RT 04, RW 09, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (17/8/2017). Bocah-bocah, muda-mudi, hingga orang tua ikut terlibat dalam perlombaan Agustusan ini.

Ketua Panitia perlombaan, Hadi Alatas mengatakan, selain untuk memperingati sakralnya tanggal 17 Agustus, lomba ini memang sengaja dilakukan untuk menumbuhkan keceriaan bagi warga.

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk memeriahkan, menghibur anak-anak dalam rangka 17 Agustus. Ini momentum warga untuk menjalin kesatuan supaya lebih erat," kata Hadi, Kamis (17/8/2017).

Berbagai perlombaan yang diselenggarakan menumbuhkan kesan yang lebih konkret bagi warga. Luapan keceriaan nampak jelas tergambar dalam raut setiap peserta, panitia, maupun penonton. Mereka kompak satu suara menganggap perlombaaan ini sebagai hal yang menyenangkan.

Perlombaan ini, kata Hadi, memang rutin dilaksanakan saban Agustusan. Tak hanya bagi anak-anak, lomba juga diikuti orang tua-orang tua yang bermukim di RT 04.

"Sudah menkadi tradisi di mana pun, setiap Agustusan, supaya meriah harus ada perlombaan. Termasuk di sini. Semua untuk hiburan saja. Para pesertanya tidak mengharapkan hadiah, walaupun pasti kami sediakan," kata dia.

AyoBaca : Hebat, Katulampa Jadi Kelurahan Terbaik Ketiga se-Indonesia!

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600